Sulistio Adi's Personal Page

Berbagi dalam bermatematika, berbudaya dan belajar

Menulis bagi setiap orang memiliki pengertian yang berbeda, masing-masing persepsi memiliki prinsip-prinsip yang terbangun dari pengalamannya sendiri. Bagi saya prinsip utama menulis adalah komprehensif, konsisten lebih utama dari kelengkapan. Karena perbaikan konsistensi adalah peruntuhan kerangka berpikir untuk menatanya kembali satu persatu. Sedangkan kelengkapan dapat ditambahkan kapanpun. Apapun, selamat membaca!


Bahan Ajar menjadi bagian tak terpisahkan dalam pendidikan, berbagai perubahan struktur nasional pendidikan memaksa pengembangan dan platform berubah. Buku siswa menjadi buku yang berkembang, mengalami perubahan dan memiliki kemampuan fleksibel dalam penerbitan maupun pemanfaatannya. Pemerintah melakukan terobosan dalam menerapkan hak distribusi dan pemakaian bahan-bahan ajar untuk menyesuaikan dengan cita-cita luhur generasi emas. Dengan bekal analisis buku siswa, beberapa booklet yang kami kembangkan kami bagi di sini.


Program Kerja Wali Kelas disusun sebagai pedoman kegiatan suatu kelas selama satu tahun. Program wali kelas disusun berdasarkan peraturan-peraturan yang terkait, dari undang-undang, peraturan menteri sampai keputusan kepala sekolah. Contoh program wali kelas sederhana dapat diunduh di sini.


Buku Kelas adalah salah satu administrasi kelas yang berupa bank data, mulai dari nama siswa di kelas tersebut, no induk sekolah dan nasional, data pribadi, keadaan siswa, mutasi dan hasil penilaian siswa. Hasil penilaian di saat ini yang menyajikan data proses belajar mengharuskan penggunaan komputer yang lebih banyak. Karena setiap pelajaran yang diikuti melaporkan nilai mutlak, nilai normatif, serta deskripsi harian siswa. Pengumpulan dan pengolahan nilai menggunaan kertas dan pensil menjadi tidak efektif dan memakan waktu. File buku kelas yang kami gunakan dapat di download di sini.


Skema Belajar adalah sekumpulan komponen belajar yang mewujudkan proses belajar. Dengan memahami skema belajar, maka kita menjadi tahu arah belajar, dan apa saja yang dapat dimaksimalkan dalam proses belajar kita menuju arah yang kita inginkan.

Skema belajar juga memberikan indentifikasi komponen-komponen belajar sehingga akan memudahkan masing-masing komponen dapat kita gunakan. Baca lebih di sini.


Artikel:

1. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pengembangan bahan pembelajaran matematika

2. Menilai kualitas media pembelajaran

3. Standar isi media pembelajaran

4. Standar kualitas rekayasa software media pembelajaran

5. Desain, Riset Desain, dan Metodologi Riset Desain


Sebagian besar tulisan maupun media lain di website ini menggunakan Creative Commons atribusi share alike. Secara garis besar maksud dari lisensi ini dapat di pelajari di sini.