Sulistio Adi's Personal Page

Berbagi dalam bermatematika, berbudaya dan belajar

Skema Belajar

Aktifitas belajar merupakan aktifitas yang mendominasi era modern. Aktifitas belajar melibatkan berbagai komponen yang dapat dibedakan secara garis besar menjadi beberapa komponen.


1. Kelompok Belajar Pakar

2. Kelompok Belajar

3. Artifak

4. Program

5. Kendali


Kendali merupakan komponen belajar yang meliputi hubungan searah atau dua arah yang terjadi dapat pada komponen-komponen lain belajar.


Artifak adalah sekumpulan sumber, alat, dan hasil belajar, baik yang dikembangkan oleh pakar maupun bukan pakar.


Program adalah metode, strategi, silabus, langkah-langkah yang ada dalam proses belajar, yang dikembangkan oleh pebelajar.


Pebelajar adalah orang yang akan, sedang dan sudah melalui proses belajar yang ada.



 

Kendali

Pakar dan artifak

Pakar mengembangkan artifak maupun memanfaatkan artifak dalam mengembangkan program. Artifak dimanfaatkan pakar untuk mengembangkan program. Artifak belajar yang datang dari berbagai sumber dapat menjadi bahan pengembangan program ataupun pengembangan artifak lain yang dilakukan oleh pakar, sekaligus mengembangkan konstruksi kognitif pakar setiap waktunya, baik pengembangan ke dalam maupun keluar.


Artifak dan program

Artifak dapat digunakan dalam program yang dikembangkan oleh pakar maupun pebelajar. Program dapat berupa prosedur, atau objek terenkapsulasi yang mampu berinteraksi dengan pebelajar maupun pakar yang menggunakannya.


Artifak dan pebelajar

Pebelajar dapat menggunakan artifak dan mengembangkan artifak, baik dalam ruang lingkup program atau melalui penggunaan individu dalam belajarnya.


Program dan pebelajar

Pebelajar menjadi komponen dalam program yang berproses. Kadang pebelajar memberikan umpan balik terhadap program.


Pebelajar dan Pakar

Pebelajar dan pakar dapat berinteraksi secara tidak langsung dalam proses belajar. Interaksi langsung digunakan untuk saling memberi kesaksian terhadap kedudukannya masing-masing.


Internet

Internet menjadi sarana yang sangat aktif, bahkan menjadi keseluruhan tempat dalam suatu sisi dengan perkembangannya yang luar biasa.

 

Komponen lain

1. Pakar

Dalam setiap disiplin, pasti ada sekelompok orang yang bagi sekelompok yang lain adalah pakar.

Misalnya dalam disiplin matematika, bagi siswa SD, siswa SMP juga merupakan pakar. Secara umum, profesi guru adalah pakar, demikian pula para peneliti dibidangnya masing-masing.

Pakar seminimalnya mampu mengidentifikasi belajar dan kesulitan belajar pada kelompok pebelajar, secara khusus pakar mampu mengembangkan program yang mengantarkan pebelajar pada tujuan belajar yang ditetapkan baik oleh pakar maupun oleh pebelajar sendiri.


2. Pebelajar

Pebelajar adalah posisi kita dalam disiplin ilmu secara independen. Pakar dalam satu sisi juga merupakan pebelajar. Pebelajar dapat menjadi bagian dari program, dapat memanfaatkan artifak dan dapat berkomunikasi dengan pakar pada proses belajarnya. Pebelajar hendaknya memiliki ketangkasan dasar yang harus dimiliki manusia relatif terhadap peradaban yang berlangsung di zamannya.


3. Artifak

Hasil belajar para pebelajar dan pakar berupa artifak. Artifak belajar yang terus meningkat menunjukkan tingkat kepakaran yang terus meningkat pula. Artifak belajar dapat berupa karya tulis, blog, makalah, poster, catatan, dan lainnya.


4. Program

Program dalam keseharian dapat kita jumpai sebagai RPP, silabus, courseware, strategi belajar, metode, model, dan lainnya.

Program dapat dikembangkan oleh pakar maupun oleh individu. Program juga terus mengalami perkembangan seiring dengan perkembangan komponen lain dan sarana.